Kolam Ikan Lele

Posted on October 29, 2008


Sebetulnya banyak bidang usaha di sekitar rumah kita,contohnya jika kita mempunyai lahan kita bisa memanfaatkannya untuk bikin kolam ikan lele konsumsi.

Berikut pengalaman saya membuat kolam ikan lele untuk konsumsi.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan :

  • Terpal A5

Jika anda membeli terpal saya sarankan 1rol sekalian karena lebih murah dibandingkan kalau kita beli per meter.

  • Lem

Gunakan lem plastik yang tahan air dan kuat,anda bisa gunakan lem Rajawali, jika anda tau yang lebih kuat bisa anda gunakan.

  • Pupuk TS

Pupuk ini penggunaanya setelah semua terpal terpasang gunanya untuk menggemburkan tanah agar nanti kalau kita isi dgn air (belum ada ikannya) tidak terlalu cepat surut.

TAHAP I.

Persiapan pertama menentukan ukuran ( tergantung luas lahan ) kemudian tarik benang supaya bisa lurus.

Gemburkan tanah dan campur dengan air (jangan terlalu encer ) selanjutnya buat gundukan seperi pada gambar di samping.

Untuk ukuran kedalaman air minimal 1,2M , maximal 1,4M untuk ikan lele. Dan jika anda gunakan untuk ikan Gurami kedalaman air minimal 1.5M. Perbandingan debit air untuk ikan Lele per meter kubik air adalah 250-300 ekor dan 17-20 ekor untuk ikan Gurami.

TAHAP II.

Setelah gundukan tampak agak kering ( jangan sampai kering karena akan mengalami kesulitan ), rapikan gundukan dengan solet. Agar tampak rapi baiknya ditarik benang kembali.

Ratakan dasar kolam kalau perlu dibenang, kemudian buat galian di tepi dasar kolam keliling lebar ±100mm dan dalam ±150mm, gunanya untuk pemasangan terpal agar tidak mengalami kebocoran/penyusutan air yang sangat cepat. Tanah bekas galian letakkan dekat dengan galian tujuannya untuk menutup kembali galian setelah terpal dipasang agar tidak melayang tertiup angin waktu proses pemasangan.

TAHAP III.

Pemasangan terpal hanya samping kolam saja dan sebaiknya lebih mudah dipasang oleh 3 orang, satu diatas dan 2 di bawah. Rapikan pojok kolam dengan cara melipat terpal hingga rapi kemudian beri lem secukupnya.

Untuk sambungan terpal bikin lipatan seperti pada lipatan kaleng, setiap lipatan harus diberi lem untuk mencegah kebocoran. Kemudian gemburkan dasar kolam dengan kedalaman ±100mm kemudian isi dengan air lalu ±50mm diatas permukaan dasar kolam lalu dipijak-pijak hingga rata.

TAHAP IV.

22102008001Setelah rata dipijak-pijak, tebarkan pupuk TS hingga rata.

Penebaran pupuk untuk ukuran 10Mx8M kurang lebih 0.5 sak. Biarkan semalam saja dan keesokan hari dipijak-pijak kembali. Kira-kira air tinggal sedikit ratakan dasar kolam dengan memakai kayu panjang agar terlihat rata.

Isi air 500mm, jika terlihat surut itu karena belum ada ikannya tambah air lagi dan biarkan sampai 5 hari untuk meghilangkan busa karena pemupukan. Dan setelah 5 hari kolam siap diisi dengan benih ikan.

Harga benih untuk ikan Lele saat ini Rp45 per ekor, harga ini tergantung pada musim dan persediaan para pedagang benih ikan Lele.

About these ads
Posted in: Berwiraswasta